SAGA

Koperasi Sejahtera ala Max Andrew Ohandi

"”Kenapa kita pilih ibu-ibu rumah tangga? Kita pilih, karena mereka lebih fokus dan lebih ulet dalam usaha mikro. Dan mereka juga lebih peduli dengan pendidikan anaknya, ketimbang suami.""

Koperasi Sejahtera ala Max Andrew Ohandi
Max Andrew Ohandi, pendiri Koperasi Sejahtera (kanan) bersama ibu-ibu di Kampung Becek Jakarta Timur. Foto: Facebook Max Andrew Ohandi.

KBR, Jakarta - Di sebuah rumah petak di Kampung Buaran, Jakarta Timur, belasan ibu-ibu berkumpul. Di dalam bangunan seluas 4x5 meter itu, tak banyak perabot. Hanya tikar yang digelar sebagai alas duduk. Serta, sebuah kipas angin untuk menghalau gerah.

Rumah itu sudah belasan tahun jadi markas Koperasi Sejahtera yang anggotanya mayoritas ibu-ibu prasejahtera dan tengah memulai bisnis rumahan.


"Yuk buk kita mulai aja yuk. Kita mulai saja pertemuan Koperasi Sejahteranya. Sebelumnya kita baca doa sebelum janji koperasi ya," ucap Max kala memulai pertemuan. 


Max Andrew Ohandi adalah pendiri koperasi. Ketika ditemui KBR, ia sedang menunggu kehadiran anggota koperasi yang rutin dilakukan.


Ia bercerita, Koperasi Sejahtera dimulai pada 2011 silam. Ide tersebut lahir dari gagasan Graamen Bank milik Muhammad Yunus, ekonom asal Bangladeh.


"Awal penggerak seorang mahasiswa ekonomi UI, Joni Tehrua. Diskusi-diskusinya mulai tahun 2010 dan baru berjalan 2011. Ia kumpulkan dana dari alumni ekonomi untuk bangun koperasi yang terinspirasi dari Graamen Bank Muhammad Yunus untuk menanam modal bagi ibu-ibu rumah tangga yang tidak mampu atau prasejahtera," ungkap Max.


Konsep Graamen Bank sebetulnya sederhana, bagaimana memberdayakan perempuan-perempuan prasejahtera untuk menggeliatkan ekonomi keluarga mereka.


Perempuan disasar karena dinilai lebih ulet dalam menjalankan usaha dan memprioritaskan keluarga juga pendidikan anak-anak mereka.


Ide ini pun meraih The Nobel Peace Prize pada 2006 dan telah ditiru di lebih dari seratus negara.


Berkaca pada gagasan itulah, Max dan teman-temannya lantas mengadopsi konsep serupa. ”Kenapa kita pilih ibu-ibu rumah tangga? Kita pilih, karena mereka lebih fokus dan lebih ulet dalam usaha mikro. Dan mereka juga lebih peduli dengan pendidikan anaknya, ketimbang suami kalau kita kasih modal."


Kini total ada 220 perempuan yang bergabung menjadi nasabah. Mereka berasal dari daerah Kampung Sumur Duren Sawit, Malaka Asri Pondok Kopi, Kampung Jembatan Penggilingan Cakung, dan Teluk Naga Tanggerang.


Daerah-daerah itu menurut Max, secara demografi tergolong miskin, dimana pekerjaan warga setempat kebanyakan PRT, pedagang kelontong, hingga pemulung.


Tapi tak sembarang orang bisa menjadi nasabah. Kata Max, akan ada survey terlebih dahulu.


Koperasi Sejahtera juga tak sembarang meminjamkan uang. Ada syarat-syaratnya; semisal statusnya orangtua tunggal, sudah punya usaha yang siap dikembangkan, dan bersedia datang pertemuan rutin dengan sistem tanggung renteng.


Tapi tenang, di sini tak ada denda bagi mereka yang terlambat mengembalikan pinjaman.


"Jadi kita beda dengan bank keliling. Kalau bank keliling kan hanya memberi pinjaman pada ibu-ibu dan masa bodoh mau dipakai apa, kosmetik atau apa yang menjadi beban utang yang harus dibayar. Nah kalau kita dianjurkan dan diwajibkan nasabahnya ketika kita kasih uang untuk usaha."


Hanya saja, jika pinjaman itu digunakan tak sesuai syarat yang ditetapkan, maka ada konsekuensi harus ditanggung; uang ditarik kembali.


Pinjaman yang diajukan mulai dari 1 juga hingga 15 juta. "Kalau mereka ketahuan tidak dipakai untuk usaha, jika ada salah satu anggota yang melaporkan, modalnya langsung kita tarik dan untung dibagi sesuai yang disepakati. Begitu juga yang melaporkan kita kasih hadiah karena kita selalu bilang sama mereka kalian ke depannya ada sistem tanggung renteng. Itu kalau ada satu yang tidak bayar, maka tiga orangnya lagi nalangi. Jadi harus solid."


Lalu bagaimana hasilnya? Salah seorang nasabah, Kartini, sedang menjalani usaha jamu gendong. Meski baru tiga bulan bergabung dengan Koperasi Sejahtera, ia berharap setahun ke depan, anaknya bisa membuka kios jamu.


Pasalnya, usaha tersebut sudah turun temurun di keluarganya. "Saya Kartini, menjual jamu. Bergabung koperasi, uangnya ya untuk muter," imbuhnya.


Maryani juga demikan. Kini, ia menjual sayur dengan menggunakan pesan singkat (SMS). Dengan begitu pesanan akan langsung diantar ke rumah pelanggan. Cara ini menurutnya lebih menguntungkan.


Max Andrew pun punya harapan; tahun ini nasabah Koperasi Sejahtera mencapai 500. “Kita rencana naikkan nasabah tahun ini kita targetkan 260 nasabah untuk naik jadi ada sekitar 13 kelompok jadi kalau dari kemarin dengan penggabungan ini ada 500 orang memberdayakan ibu-ibu.”


Ia yakin, konsep semacam ini cocok untuk Indonesia. Sebab bantuan yang diberikan kepada perempuan akan langsung terasa manfaatnya.


"Karena di Indonesia menurut saya membangun base keluarga. Jadi ketika membangun keluarga pelayanannya bisa holistik. Ibunya yang kita layani, tapi secara otomatis anak dan suami terlayani," tutup Max.




Editor: Quinawaty Pasaribu 

  • koperasi sejahtera
  • Max Andrew Ohandi
  • Graamen Bank
  • Muhammad Yunus

Komentar (21)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Vicky sakinah8 years ago

    Bagaimana ya cara pinjem uang tdk pake jaminan krn saya pny usaha... trims

  • weri wariyanti7 years ago

    Tlong bntu sy Sya btuh pnjm dana 5jt Tnpa syarat appn Sy cm pnya.. Ktp.. Npwp..slip gji Dgn ciciln blanan Apkh bsa d bntu 081315963204 Tlong info kn ke sya Trimakasih

  • tari7 years ago

    Utk KBS sy ibu rumahtangga yg membuka warung jajanan ank2 drumah dan sy mau membuka warung sembako kira2 bs tdk ya utk daerah cijantung pasarebo tolong dbantu, tq

  • Ervin dwi tiara6 years ago

    Bisa gak untuk daerah bogor

  • Rika sartika6 years ago

    Saya punya usaha yang unik jarang orng lain bñ dan mungkin jika kepemerintahan mengetahui jg bisa bangga. Usaha ku bidang mesin produksi makanan...yaitu oven rotary untuk pemanggang roti dll kapasitas pabrikan dgn harga jual @135jt/unit . Tetapi untuk saat ini saya terhabat soal modal maka slama ini menjalankan nya hnya ngengandalkan sistim PO ada dp kami buat kan...ingin sekali mempunyai stok yang ready supaya ada yang minat langsung bisa dapat kan mesin nya....dengan ini sya minta bantuan apa kah bisa membantu untung pengadaan pinjaman untuk usaha sya...mudah2an atas bantuannya sy bisa brrkembang dalam usaha....terima kasih...

  • Nur merawati5 years ago

    Sy tinggal di citayam...bisakah sy mengajukan pinjaman....dan sy punya usaha...oiya pak tpi pinjam dgn cicilan bilanan...trimksh pak...

  • Bayu aji5 years ago

    Bekasi mohon izin

  • Ahmad mLiki5 years ago

    Saya butuh pinjmn uang sekrng juga cuma 1 jt 500

  • Efflin 5 years ago

    Tolong sy butuh dana buat bayar kost an 600 rb.... 1 bulan sy kembalikan.usaha sy jual makaroni ( goreng sendiri... di titip kan pd kantin ") no hp 087882307069... senin siang paling lambat sy sdh harus bayar kost an (sdh telat 10 hari) terima kasih

  • Silvia5 years ago

    Sy m2w ajukan pinjaman bs mnta tlg hubungi ke 081910599559 wa jg bs tq ditunggu kabar baiknya

  • Hamdan5 years ago

    Saya lagi butuh dana banget buat modal usaha (dana talangan)bisa wa 081905247939 . Tolong info secepatnya karena saya butuh buat bsok. Saya pinjam dngn tenor 2 bln saja

  • Kusniyati5 years ago

    Saya perlu pinjaman buat anak saya kurang uanh sekolah hari ini. Saya mulai kerja besok di laundry gaji bulanan n dpt harian jg perhari 30rb... saya perlu 1 jt aja skg.. bsk bisa lsg saya cicil perharinya brp kalo 1 jt klo 500 brp... no hp saya 082114960161

  • firda pratiwi5 years ago

    Saya butuh uang untuk modal usaha 2 juta saya sanggup bayar per hari nya 30rb Tolong wa ke sini 082110100269

  • Evi mashita tahuni 5 years ago

    Bisakah saya pinjam uang tk modal usha, saya usaha supplay hasil pertanian lokal buah dan sayuran. Saya butuh sekali dana tk meneruskan usaha saya yg sudah seret modal. Mhn infonya pak. Thx

  • Supriyanto 5 years ago

    Saya mau mengajukan pinjaman untuk biaya usaha 5juta bisa di cair gak sekarang saya bayar perminggu siap

  • Indri ardianti5 years ago

    Saya butuh dana apakah bisa membantu saya chat wa saya 085920717721

  • Dina mayasari5 years ago

    Slmt pagi bpk / ibu, sy dina yg bertempat tinggal d jakarta timur.. Bapak / ibu, sy dgn hormat meminta tlg / meminta bantuan pnjaman tuk modal usaha, saya mohon bantuan nya secepat mungkin.. Hub saya k no tlp / wa : 089603803418... Terima kasih

  • Indry mustikasari5 years ago

    Saya berjualan burger drumah dn alhamdulillah usaha nya berjalan lancar, saya hanya ingin menambah modal untuk usaha saya nii... Jika saya d ijinkan untuk meminjam tolong hub wa saya 087878546846 dan no telpon saya 081947071615

  • Fitria5 years ago

    Saya butuh dana sekitar 20jt untu melunasi KTA sekaligus modal usaha. Tanpa biaya admin. Atau fee dipotong setelah pencairan. Saya butuh cepat. Tolong hubungi saya di 085711713310.

  • Febri5 years ago

    Btuh sedikit dana untuk pengembangan toko sembako yg sudah lama saya jalani 085259418063

  • Ida farida2 years ago

    Saya ibu rumah tangga dengan 3 anak..saya dlu mempunyai usaha kecil2an dqngn membuka dagangan hotang dll.tetapi modal saya abis dikarenakan dagangan saya sepi dikrnakan terdampak corona..suami pun blm bekrja pd wktu itu..ttp skrg sy ingn membuka usha lg untuk membantu ekonomi keluarga saya ..jadi sya mohon untuk memberikan pinjaman kepda saya dan suami untuk membuka warung kecil20lan dirumah..besar harapan saya dapat dibntu oleh max A.seblm dan sesudah sy ucapkan terimakasih