BERITA

Kemenpupera: Renovasi GBK Akan Perhatikan Penyandang Disabilitas dan Lansia

"Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono mengatakan, hal itu dilakukan agar seluruh lapisan masyarakat bisa menikmati pagelaran tesebut tanpa terkecuali."

Kemenpupera: Renovasi GBK Akan Perhatikan Penyandang Disabilitas dan Lansia
Vice President Dewan Olimpiade Asia (OCA) Wei Jizhong (kedua kiri) didampingi Penasehat Senior Asian Games 2018 Rita Subowo (kanan) serta romobongan meninjau venue Stadion Utama Gelora Bung Karno yang

KBR, Jakarta- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) memastikan renovasi Stadion Gelora Bung Karno untuk pagelaran Asian Games 2018 akan ramah untuk penyandang disabilitas dan lansia. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono mengatakan, hal itu dilakukan agar seluruh lapisan masyarakat bisa menikmati pagelaran tesebut tanpa terkecuali.

"Kita lakukan sentuhan supaya juga ada kekiniannya maksudnya dulu orang tidak memperhatikan disable people Jadi kalau ada disable people mau nonton bola agak susah dan sekarang dibikin fasetnya termasuk untuk lansia," ujarnya kepada wartawan di Kantor Presiden, Jakarta.


Menurutnya, renovasi tersebut sudah mendapat persetujuan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. "Jadi hal itu yang termasuk dalam heritage yang tidak boleh disentuh sama sekali. tapi tadi Gubernur sudah sampaikan ajukan saja IMB nya nanti kita bahas di tim heritage untuk dapat kita setujui," tambahnya.


Ia menambahkan akan ada 14 venues di Komplek Gelora Bung Karno yang akan ikut direnovasi. Oleh karenanya kata dia, pada Juni mendatang, kantor-kantor cabang olah raga sudah mulai dikosongkan.


"Kemudian pengosongan kawasan in GBK dari cabor-cabor yang ada kecuali dari cabor angkat besi yang akan mengikuti Olympic di Brasil nanti masih minta sampai Juni Jadi yang lain sudah mulai dikosongkan. Nanti pada awal Juni akan kita mulai pekerjanya mudah-mudahan juli-Agustus 2017 semua kawasan sudah bisa direnovasi," imbuhnya.


Selain itu,  Kemenpupera juga menyiapkan 10 tower apartemen di Kemayoran, Jakarta Pusat untuk kampung atlet. Nantinya kata dia, 7.426 unit dalam 10 tower tersebut diperuntukan untuk 22.278an atlet Asian Games.


"Untuk Kampung atlet di Kemayoran kita akan bangun 10 tower di Kompleks C2 itu ada 3 tower di D10 ada 7 tower ini semua kan menampung atau membangun 7426 unit atau untuk tampung 22.278 an atlet Asian Games jadi cukup disana. Ini sudah kita mulai sejak Maret 2016 kemarin konstruksinya minggu ke 3 Maret kemarin kita mulai tanggal 15 kalo tidak keliru," pungkasnya.

Indonesia terpilih sebagai tuan rumah ASIAN Games 2018. Ini adalah kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah setelah sebelumnya pernah menjadi tuan rumah pada penyelenggaraan Asian Games ke- 4 pada 1962.

Editor: Sasmito Madrim

  • kementerian perumahan rakyat
  • Asian Games 2018
  • gelora bung karno
  • atlet

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!