HEADLINE

Hendak Putar Film Pulau Buru, Pegiat Film Purbalingga Dipanggil Polres dan Kodim

Hendak Putar Film Pulau Buru, Pegiat Film Purbalingga Dipanggil Polres dan Kodim

KBR, Purbalingga– Pegiat film Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga, Jawa Tengah dipanggil kepolisian dan Komando Distrik Militer setempat lantaran hendak memutar film berjudul ‘Pulau Buru Tanah Air Beta’.  Direktur CLC Purbalingga, Bowo Leksono mengatakan siang ini ia bersama dua pegiat CLC lainnya dimintai keterangan oleh Intelkam Polres Purbalingga dengan alasan ada   yang keberatan atas rencana diputarnya film tersebut.

Lebih lanjut Bowo menjelaskan, sedianya film ini akan diputar bersamaan dengan film dokumenter ‘Kami Hanya Menjalankan Perintah Jenderal’, Jumat 27 Mei ini.

Dijadwalkan, setelah pemutaran film dilanjutkan diskusi film oleh kalangan akedemisi, kalangan film, polisi dan TNI, dan Ormas. CLC juga mengundang Kapolres Purbalingga dan Komandan Kodim Purbalingga yang didapuk menjadi pembicara.

Bowo mengatakan kepolisian melarang pemutaran film tersebut. Namun, ia mengaku sudah memberi keterangan dan akan tetap memutar film  tersebut. Kata dia, Kapolres juga tak terlalu mempermasalahkan film yang hendak diputar.

"Makanya saya butuh ketemu langsung dengan Kapolres biar lega dan tenang kan. Karena agak beda memang antara Kapolres dengan Kasat Intelkam. Karena Kasat Intelkamnya memberi tahu bahwa ada sejumlah pihak yang tidak suka. Kemudian saya tanya siapa pihak-pihak itu. Saya bilang saya akan menjelaskan ke pihak-pihak yang tidak suka itu. Tapi Kasat Intelkam tidak memberi tahu. Ini kan aneh. Logikanya itu. Tadi sih dia (Kasat Intelkam) sempat mengatasnamakan Kapolres untuk tidak diputar. Saya bilang, lho ini kan sudah program. Ini kan menjadi bagian dari Festival Film yang sudah 10 tahun berjalan. Artinya selama ini kami tidak mengalami hal-hal seperti ini. Kami memilih film itu kan tidak asal-asalan, dengan pertimbangan serius juga." Ujar Direktur CLC Purbalingga, Bowo Leksono, Selasa (24/05).


Soal pemanggilan oleh Kodim, Bowo sedianya akan mendatangi Markas Kodim siang ini setelah selesai memberi keterangan di Polres. Namun, Komandan Kodim sedang tugas ke luar kota. Rencananya, dia dan sejumlah  rekan CLC Purbalingga akan datang besok Rabu.

Lebih lanjut ia menjelaskan pemutaran dua film dokumenter yang dianggap berbau “kiri” ini merupakan bagian dari rangkaian gelaran Festifal Film Purbalingga 2016 yang dimulai pada 30 April hingga 28 Mei.

Dalam Festival ini, CLC Purbalingga melakukan pertunjukan keliling layar tancap di puluhan Desa di Kabupaten Purbalingga dan Banyumas. Film yang diputar ini merupakan film karya pelajar dan sejumlah film legendaris Indonesia. Selain itu, digelar kompetisi film dokumenter tingkat SMA dan diskusi film. 


Editor: Rony Sitanggang

  • tragedi65
  • Direktur CLC Purbalingga
  • Bowo Leksono
  • Pulau Buru Tanah Air Beta
  • Kami Hanya Menjalankan Perintah Jenderal
  • fstival film purbalingga

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!