BERITA

TNI AL Tangkap Kapal Berbendera Vietnam di Wilayah Perbatasan

TNI AL Tangkap Kapal Berbendera Vietnam di Wilayah Perbatasan

KBR, Nunukan - Sepanjang tiga hari ini dimulai sejak Minggu (22/4/2018) kemarin, TNI Angkatan Laut yang berjaga di Kabupaten Nunukan bersama sejumlah instansi terkait memeriksa kapal berbendera Vietnam.

Kapal bernama Dong Thien Phu Golden itu ditangkap TNI Angakatan Laut di wilayah perbatasan Nunukan dan Malaysia. Mulanya, pasukan TNI AL memergoki kapal itu melakukan aktivitas ilegal yakni kegiatan bongkar muat di tengah laut.

"Kapal dari Vietnam itu tujuannya mau ke Malaysia. Teridentifikasi oleh KRI Untung Suropati dia ada di Perairan Sebatik pada hari Rabu (18/4) kemarin. Pada saat itu dia terindikasi akan bongkar disana. Sehingga akhirnya menimbulkan kecurigaan KRI Untung Suropati," ujar Komandan Pangkalan TNI AL di Kabupaten Nunukan Machri Moko, Minggu (22/4/2018).

Selain itu menurut Komandan Pangkalan TNI AL di Kabupaten Nunukan, Machri Moko, kapal yang memuat 2.900 ton beras itu juga dicurigai membawa narkoba.

"Akhirnya, ditangkap. Kami akhirnya timbul kecurigaan jangan-jangan ini ada muatan lainnya selain beras, mungkin narkoba atau apa gitu."

Baca juga:

Machri Mako menambahkan, kapal berbobot 1.500 ton itupun kemudian ditarik ke Pelabuhan Tunontaka, Nunukan untuk diperiksa. Langkah ini dilakukan untuk memastikan  apakah kapal tersebut memuat barang terlarang atau tidak.

Dalam pemeriksaan ini, TNI AL melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN), Bea Cukai Nunukan, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Satreskoba Polres Nunukan, Unit K 9 Polres Nunukan dan Balai Karantina Kabupaten Nunukan.

"Kami laksanakan pemeriksaan langsung ke kapalnya. Makanya kapalnya kami sandarkan ke sini. Tadinya lego jangkar. Kalau hari ini tidak ketemu besok kami lanjutkan. Kami belajar dari Batam. Di Batam itu pada hari ketiga baru ketemu padahal yang diperiksa ruangan itu-itu saja," imbuh Machri.

Selain menahan Kapal Dong Thien Phu Golden, TNI AL Nunukan juga menahan 4 kapal Filipina yang teridentifikasi akan melakukan bongkar muat di Perairan Sebatik.

Baca juga:




Editor: Nurika Manan
  • Nunukan
  • bongkar muat
  • kapal

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!