BERITA

KPU Tetapkan Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi Pemimpin Baru Kota Yogyakarta

KPU Tetapkan Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi Pemimpin Baru Kota Yogyakarta


KBR, Yogyakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta, DIY, menetapkan pasangan Haryadi Suyuti dan Heroe Poerwadi sebagai walikota dan wakil walikota terpilih Kota Yogyakarta periode 2017-2024.

Ketua KPU Kota Yogyakarta Wawan Budiyanto mengatakan pasangan Haryadi-Heroe resmi menjadi pemenang pemilihan kepala daerah Kota Yogyakarta, setelah gugatan yang diajukan pesaingnya pasangan Imam Priyono-Ahmad Fadli ditolak Mahkamah Konstitusi.


"Pasangan walikota dan wakil walikota Yogyakarta, nomor urut dua Haryadi Suyuti dan Heroe Poerwadi perolehan suara 100.333," kata Wawan Budiyanto dalam Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pemilihan Walikota Yogyakarta di kantor KPU Kota Yogyakarta, Kamis (27/4/2017).


Calon walikota Yogyakarta Imam Priyono menyatakan bisa menerima putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) Kota Yogyakarta.


"Dalam demokrasi hasil apapun harus diterima. Demokrasi itu bagaimana kita memilih pemimpin yang terbaik yang dikehendaki rakyat. Kalau yang dikehendaki rakyat Pak Haryadi Suyuti dan Heroe Poerwadi, saya ucapkan selamat," ujar Imam Priyono.


Imam Priyono secara langsung menyampaikan ucapan selamat kepada Haryadi Suyuti. Imam bahkan menitipkan kepada Haryadi sejumlah program kerja untuk diterapkan oleh walikota Yogyakarta terpilih.


"Kita tetap bersahabat. Saya dukung pemerintahan Pak Haryadi dan Pak Heroe," lanjutnya.


Calon walikota terpilih Haryadi Suyuti menyatakan akan menghimpun keinginan masyarakat sebagai masukan dalam program kerja ke depan. Meski demikian Haryadi memilih menunggu pelantikan terlebih dahulu untuk menjabarkan program kerjanya.


"Saya juga menerima masukan dari Pak Imam terkait program kerja ke depan. Kita berkomitmen jaga kesejukan. Termasuk kepada para pendukung," kata Haryadi.


Berdasarkan rekapitulasi suara yang dilakukan KPU Kota Yogyakarta, pasangan Imam-Fadli memperoleh suara sebanyak 99.146 suara. Sedangkan Haryadi-Heroe memperoleh 100.333 suara, atau hanya unggul selisih 1.187 suara.


Editor: Agus Luqman 

  • kota yogyakarta
  • DI Yogyakarta
  • pilkada 2017
  • pilkada serentak 2017
  • KPUD Kota Yogyakarta
  • mahkamah konstitusi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!