BERITA

Ketentuan Dasar Kelar, Jokowi Harap Negosiasi Perdagangan Bebas Eropa Segera Dimulai

""Pembahasan scoping papers mengenai Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA), yang sempat terhenti bertahun-tahun, akhirnya dapat diselesaikan pada hari ini." "

Ketentuan Dasar Kelar, Jokowi Harap Negosiasi Perdagangan Bebas Eropa Segera Dimulai
Presiden Joko Widodo dan Presiden Komisi Eropa, Jean Claude Juncker tengah memberikan pernyataan bersama. (Foto: Tim Komunikasi Presiden)

KBR, Brussel- Presiden Joko Widodo dan Presiden Komisi Eropa Jean Claude Juncker menyambut baik diselesaikannya ketentuan dasar atau scoping papers yang menjadi dasar skema kemitraan ekonomi komprehensif (Comprehensive Economic Partnership Agreement, CEPA). Dengan selesainya scoping papers ini diharapkan negoisasi perdagangan bebas Eropa-Indonesia itu segera dimulai.

"Pembahasan scoping papers mengenai Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA), yang sempat terhenti bertahun-tahun, akhirnya dapat diselesaikan pada hari ini,"  kata Presiden Jokowi melalui siaran pers yang diterima redaksi, Kamis (21/04).


Kata Jokowi, Indonesia siap untuk segera melakukan negosiasi CEPA, sesuai dengan komitmen untuk menjadikan ekonomi Indonesia terbuka dan kompetitif.

"Dalam pertemuan saya dengan Kanselir Merkel dan PM Cameron minggu ini, keduanya juga telah memberikan komitmen agar negosiasi Indonesia-UE CEPA segera dimulai,”  ujar Presiden Jokowi.

Jokowi yakin, CEPA akan memperkuat perekonomian Indonesia dan negara-negara Uni Eropa yang kuat, akan memberikan manfaat bagi semua pihak termasuk Indonesia. Presiden berharap Inggris tetap menjadi bagian dari Uni Eropa.

Ketentuan dasar yang diberikan Indonesia meliputi diantaranya tujuan akses pasar, fasilitas, kerjasama ekonomi dan peningkatan kapasitas. Selain termasuk hal teknis seperti hak kekayaan intelektual, perdagangan jasa, investasi, kebijakan persaingan usaha, perdagangan barang dan lain-lain.

Editor: Dimas Rizky

  • scoping paper
  • Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA)
  • Presiden Komisi Eropa Jean Claude Juncker

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!