HEADLINE

Ulang Tahun KBR di Tunggilis

"16 tahun sudah KBR berdiri, sejak tahun 1999 silam. "

Tumpeng ulang tahun KBR

16 tahun sudah KBR berdiri, sejak tahun 1999 silam.

Kali ini, KBR ingin merayakannya bersama bumi - tempat kita hidup, berkarya dan berkreasi. KBR ingin mengucapkan terima kasih lewat acara bernama “Ngaruwat Bumi” yang diselenggarakan di Sarongge, Cianjur, Jawa Barat. Sarongge sendiri adalah lokasi program Adopsi Pohon yang dimulai oleh Green Radio Jakarta dan kini sudah menghutankan kembali area seluas 38 hektar.

Penanaman pohon dilakukan di Tunggilis, yang bisa ditempuh dengan jalan kaki dari Sarongge. Di Tunggilis ada banyak sawah dan rumah-rumah warga, tapi tidak ada pohon besar di sana. Karenanya program penanaman pohon di Tunggilis diarahkan pada penanaman tanaman keras, utamanya pohon buah. Pohon buah dipilih sehingga warga bisa menikmati hasil dari panen buah secara teratur.

Acara dimulai dengan “Bincang Hutan” yang membahas soal model reforestasi yang dilakukan di Sarongge, dengan harapan model seperti ini bisa diduplikasi pemerintah di daerah-daerah lain. Setelah itu, ada juga potong tumpeng. Tumpeng terdiri dari 3 puncak, yang menandakan kerjasama antara pihak petani, pemerintah dan swasta sebagai model kerjasama untuk mendorong reforestasi. Selanjutnya, penanaman pohon buah dilakukan di Tunggilis. Pohon buah yang ditanam diantaranya alpukat, nangka, jeruk limau, pete dan lainnya.

Terima kasih kepada Anda semua yang telah mendukung KBR. Terima kasih kepada bumi – kini giliran kami yang merawatmu. 

  • tunggilis
  • ngaruwat bumi
  • sarongge
  • bincang hutan
  • KBR
  • reforestasi

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Siti9 years ago

    Salut untuk acara ini. Sayangnya tidak bisa ikut hadir merayakan 16 Tahun KBR 68H, padahal kami adalah bagiannya. Selamat 16 Tahun KBR 68H, sudah beranjak dewasa. Salam, Siti KH Radio Komunitas Hapsari_FM