BERITA

Reklamasi Teluk Jakarta, Pemprov Siapkan Lokasi Penangkapan Ikan Buatan

""Mapping tentang fishing ground di utara Jakarta itu, berdasarkan penelitian yang kami terima. Itu lokasinya berada sekitar 7-15 mil laut dari daratan Jakarta. ""

Sasmito

Reklamasi Teluk Jakarta, Pemprov Siapkan Lokasi Penangkapan Ikan Buatan
Ilustrasi: Pulau hasil reklamasi teluk Jakarta. (Foto: Antara)


KBR, Jakarta- Pemerintah Provinsi Jakarta menyebut hasil penelitian terhadap lokasi penangkapan ikan di Pantai Utara Jakarta berada sekitar 7-15 mil dari daratan. Sehingga menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tuty Kusumawati, pulau reklamasi yang ada di sekitar 1 mil dari daratan tidak akan mengganggu tempat nelayan mencari ikan.

Meski demikian, Tuty belum menjelaskan lembaga mana yang meneliti lokasi penangkapan ikan di Pantura Jakarta tersebut.

"Mapping tentang fishing ground di utara Jakarta itu, berdasarkan penelitian yang kami terima. Itu lokasinya berada sekitar 7-15 mil laut dari daratan Jakarta. Artinya pulau-pulau reklamasi itu berada sekitar 1-1,5 mil dari daratan itu. Keberadaan pulau reklamasi itu tidak menempati fishing ground, itu maknanya," jelas Tuty saat dihubungi KBR, Senin (13/3).


Meski demikian, Tuty Kusuwati menjelaskan nantinya akan tetap membuat lokasi penangkapan ikan buatan   sebagai dampak reklamasi untuk nelayan. Pembuatan  akan dibiayai APBD DKI Jakarta.


"Nanti kita akan buat artificial fishing ground, biayanya dari APBD, bisa juga dari tambahan kontribusi reklamasi. (Lokasinya?) Lokasinya nanti disurvei dulu," imbuhnya.


Pemerintah Provinsi Jakarta mengklaim telah melakukan integrasi sosial dalam penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Raperda Tata Ruang Kawasan Strategis (RTR-KS) Pantura Jakarta. Hasil kajian ini, juga bisa langsung dijadikan acuan untuk menyusun dokumen analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal), kendati belum diintegrasikan dengan kajian Bappenas.


Kepala Bappeda Jakarta Tuty Kusuwati menambahkan, KLHS juga memuat metode mitigasi dampak reklamasi untuk nelayan. Kata dia, nelayan akan dibuatkan lokasi penangkapan ikan buatan. Selain itu, berbagai bantuan seperti peralatan tangkap ikan dan rumah susun tematik juga disiapkan.


Editor: Rony Sitanggang

  • reklamasi teluk jakarta
  • Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tuty Kusumawati

Komentar (9)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Farah Nur Fitriyah7 years ago

    Reklamasi dapat membuat jakarta menjadi lebih baik. khusunya teluk jakarta

  • Alvieana7 years ago

    reklamasi sangat positif. upaya pembangunan yang dilakukan oleh pemprov dki ini harus didukung.

  • Abdul Hadi7 years ago

    Belanda bisa maju dan berkembang karena mereka melakukan reklamasi dan sukses.

  • Sandzili7 years ago

    konsep yang keren ini. mereka yang menolak reklamasi seharusnya membaca berita ini biar tercerahkan

  • AGUS AHMAD7 years ago

    nice program.

  • Mahendra7 years ago

    Wah keren tuh kalo sampe terwujud ada wilayah tangkapan buatan di laut lepas jakarta, ini akan memudahkan nelayan, dan pastinya menguntungkan semua pihak.

  • iBunda 7 years ago

    kini saya paham deh, ternyata kalau reklamasi itu banyak manfaatnya bagi keberlangsungan hajat hidup masyarakat pesisir pantai utara jakarta utk lbh baik dan sejahtera.

  • Rapsanjani7 years ago

    jika reklamasi itu membuat jakarta lbh baik, kenapa tidak! lanjutkan saja pembangunannya. jadi siapapun Gubernur DKI selanjutnya reklamasi 17 pulau dan pembangunan tanggul raksasa di teluk Jakarta hrus tetap dilanjutkan pengerjaannya sesuai on target masterplan di Bapenas

  • Prakarsa7 years ago

    dgn kondisi perairan luat jakarta, tempat dimana nelayan mencari ikan dan kerang hijau itu kondisinya memang sdh sangat buruk dan tercemar. jadi solusi penawaran dr Ibu Kepala Bappeda DKI diatas itu menurutku layak utk sgera direalisasikan demi masa depan nelayan yg lbh baik.