BERITA

Peringati Taman Nasional, Google Pajang Gambar Komodo

"Taman Nasional Komodo didirikan sejak 1980 untuk melindungi habitat kadal raksasa (Varanus komodoensis)."

Rony Sitanggang

Peringati Taman Nasional, Google Pajang Gambar Komodo

 KBR, Jakarta- Mesin pencari Google memajang gambar komodo (Varanus komodoensis)  . Pemasangan terkait peringatan 37 tahun Taman Nasional Komodo (TNK). Google Doodle bergambar komodo ini terpajang di 43 negara.

Taman Nasional Komodo didirikan sejak 1980 untuk melindungi habitat kadal raksasa  tersebut. Di kawasan itu terdapat 277 spesies hewan yang terdiri dari 32 spesies mamalia, 128 spesies burung, dan 37 spesies reptilia. Sedangkan habitat lautnya terdiri  1.000 spesies ikan, sekitar 260 spesies terumbu karang-bangunan, dan 70 spesies spons. Selain itu tercatat  Dugong, hiu, pari manta, setidaknya 14 jenis paus, lumba-lumba, dan penyu menjadikan TNK sebagai rumah mereka. 

Pada 1986 TNK dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh Badan Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (Unesco).  TMP terdiri atas 3 pulau utama yakni; Komodo, Rinca, dan Padar. Keseluruhan kawasan itu memiliki luas total laut dan darat 1817 km.

 

 

  • #GoogleDoodle
  • Taman Nasional Komodo

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!