BERITA

Gempa 6,4 SR, BPBD Bali: Kerusakan Ringan

""Daerah Badung di seputaran SMP Negeri 3 itu plafon yang jatuh. Daerah Gianyar dampaknya beberapa genting dari Pura Bukit menimpa kaca mobil.""

Gempa 6,4 SR, BPBD Bali: Kerusakan Ringan


KBR, Jakarta- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali mencatat ada sejumlah bangunan rusak ringan di 5 wilayah akibat gempa bumi dengan kekuatan 6,4 SR pukul 06.10 WIB. Staf Pusdalops BPBD Bali, Wayan Parse mengatakan, kerugian akibat kerusakan bangunan tersebut berkisar puluhan juta.

Kata dia, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

"Di Jembrane, ada genteng rumah warga yang jatuh di Desa Pos Santen, Desa Samul dan Desa Yehmang. Nihil korban jiwa. Daerah Badung di seputaran SMP Negeri 3 itu plafon yang jatuh. Daerah Gianyar dampaknya beberapa genting dari Pura Bukit menimpa kaca mobil. Kejadian di Bangli ada Candi Bentar yang rusak diperkirakan lebih kurang Rp 10 juta. Begitu juga daerah Klungkung," jelas Wayan Parse saat dihubungi KBR Rabu (22/03).


Guncangan gempa bumi dirasakan   di semua kabupaten/kota di provinsi Bali. Gempa dirasakan dua kali dengan guncangan kedua lebih keras.


Sementara itu, juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan, sumber gempa berasal dari pertemuan lempeng Hindia Australia dan Lempeng Eurasia. Pusat gempa berada di laut pada kedalaman 117 km di 23 km Tenggara Kota Denpasar atau 33 km Tenggara Badung Provinsi Bali.


Gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi menengah di Zona Benioff, yaitu lajur lempeng tektonik yang sudah mulai menukik. BMKG melaporkan gempa susulan 3,9 SR.


Editor: Rony Sitanggang

  • Staf Pusdalops BPBD Bali
  • Wayan Parse
  • gempa bali

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Adellesigmund7 years ago

    I would like to thank you for the efforts you have made in writing this article. I am hoping the same best work from you in the future as well. In fact your creative writing abilities has inspired me to start my own BlogEngine blog now. Really the blogging is spreading its wings rapidly. Your write up is a fine example of it. Visit : http://www.essayscouncil.com