Kapolri Badrodin Haiti

KBR, Jakarta - Kepala Kepolisian Indonesia, Badrodin Haiti memerintahkan Kapolda Jawa Barat, Jodie Rooseto mencegah intoleransi. Jodie Rooseto menerima jabatan sebagai Kapolda Jabar menggantikan Moechgiyarto yang hijrah ke Polda Metro, Senin (21/03/2015).

Badrodin menuturkan, potensi konflik akibat intoleransi di Jawa Barat masih tinggi. Bahkan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mencatat Jawa Barat sebagai daerah yang memiliki kasus intoleransi terbanyak di Indonesia.

"Potensi konflik akibat intoleransi yang bernuansa SARA, seperti pengrusakan rumah ibadah, radikalisme maupun kekerasan terhadap kelompok minoritas harus bisa diantisipasi," perintah Badrodin.

Selain itu, Badrodin juga memerintahkan Jodie agar dapat mencegah potensi konflik lainnya. Terlebih karena Jawa Barat sebagai penyangga Ibu Kota Jakarta. "Potensi aksi terorisme, geng motor dan masalah perburuan harus dapat segera diantisipasi agar tidak berkembang menjadi gangguan yang nyata bagi masyarakat," tambah Badrodin.

Sejak 2011, Jawa Barat berkali-kali masuk daftar teratas daerah dengan masyarakat yang tidak menghargai kebebasan beragama. Salah satu yang terbesar adalah pada 2013 ketika Setara Institute mencatat ada 80 kasus pelanggaran kebebasan beragama di Jawa Barat.

Di antara kasus pelanggaran kebebasan beragama di Jawa Barat adalah penyegelan Gerja Kristen Indonesia Yasmin di Bogor. Selain itu, ada pelarangan terhadap tujuh gereja di Bandung pada pertengahan Juni 2015. Ahmadiyah uga termasuk salah satu yang mendapat perlakuan diskriminatif di Jawa Barat. Mulai dari larangan beribadah hingga berkumpul.

Kapolri Lantik 3 Kapolda

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti melantik tiga Kapolda, yakni yakni Kapolda Metro Jaya, Kapolda Jawa Barat dan Kapolda Riau, Senin, 21 Maret 2016.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Tito Karnavian digantikan Irjen Pol Moechgiatro yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat. Posisi Moechgiarto sendiri digantikan Irjen Pol Jodie Rooseto. Tito sendiri akan menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Sementara Kapolda Riau, Brigjen Pol Dolly Bambang Hermawan digantikan oleh Brigjen Pol Supriyanto.

Pantauan KBR di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jaksel, sertijab ini dimulai tepat pukul 09.00 WIB. Usai melakukan pengambilan sumpah dan melakukan serah terima jabatan, Kapolri menyampaikan pesan agar mengantisipasi keamanan dan ketertiban nasional, seperti terorisme dan pemberantasan narkoba. 


Editor: Damar Fery Ardiyan

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!