BERITA

INTERMEZO: Ayah, Ibu dan Anak Berulang Tahun di Hari yang Sama

"Peluang bayi lahir pada tanggal lahir yang sama dengan orang tua mereka adalah 1/365 kali 1/365. Hasilnya, peluang itu adalah 0,0000000751 atau peluangnya hanya 1 dari 133 ribu kemungkinan."

Agus Lukman

INTERMEZO: Ayah, Ibu dan Anak Berulang Tahun di Hari yang Sama
Ilustrasi bayi baru lahir. (Foto: Andres Nieto Porras/Wikimedia/Creative Commons)

KBR - Kejadian langka dialami keluarga kecil di negara bagian Carolina Utara, Amerika Serikat. Pasangan suami istri Michael Hall dan Lisa Lowe-Hall yang sama-sama berulang tahun pada 27 Januari lalu mendapat hadiah mengejutkan, yaitu kelahiran bayi pertama tepat di hari ulang tahun mereka.

Karena komplikasi kandungan, dokter terpaksa melakukan operasi cesar terhadap Lisa pada 27 Januari 2017. Bayi perempuan itu lahir sehat, bertepatan dengan hari ulang tahun kedua orang tuanya. Lisa mengaku terkejut dengan fakta mereka bertiga punya tanggal dan bulan lahir yang sama.


Situs ABC7 menyebut peluang seorang anak memiliki tanggal dan bulan kelahiran yang sama dengan kedua orang tua mereka sangat kecil, hanya satu dari 48 juta kemungkinan.


"Saya pikir ini gila, saya berulang tahun yang sama dengan suami dan kini dengan anak saya. Ini benar-benar sangat spesial," kata Lisa.

Pasangan di Mississippi

Kejadian langka serupa juga dialami pasangan suami istri Luke Gardner dan Hillary Gardner, warga negara bagian Mississippi.

Luke dan Hillary tak pernah punya masalah dalam mengingat-ingat hari ulang tahun mereka, karena sama-sama berulang tahun pada 18 Desember. Ternyata, anak pertama mereka juga lahir pada tanggal yang sama, pada 18 Desember 2016 lalu.


CBS memberitakan peluang lahir di tanggal yang sama ini cukup langka, hanya satu dari 133 ribu kemungkinan.


Hillary sebelumnya memperkirakan HPL (Hari Perkiraan Lahir) anaknya jatuh pada 15 Desember 2016. Sementara dokter kandungan memperkirakan HPL 19 Desember. Ternyata anaknya lahir 18 Desember pukul 8 pagi. Bayi laki-laki itu diberi nama Cade Lee Gardner.


Luke dan Hillary sebelumnya berkenalan lewat media sosial Facebook, karena memiliki tanggal lahir yang sama.


Tumulesh Solanky, Kepala Departemen Matematika di Universitas New Orleans di negara bagian Louisiana menyebutkan peluang seseorang bertemu orang lain yang memiliki tanggal lahir sama adalah 1 banding 365. Sedangkan peluang bayi lahir pada tanggal lahir yang sama dengan orang tua mereka adalah 1/365 kali 1/365.


Hasilnya, peluang itu adalah 0,0000000751 atau peluangnya hanya 7,5 dari satu juta kemungkinan. Atau 1 dari 133 ribu peluang. (CBS/ABC7/Daily Mail) 

  • Intermezo
  • Amerika Serikat
  • ulang tahun
  • unik
  • berita aneh
  • berita unik

Komentar (3)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Dea6 years ago

    Anakku lahir sama dengan ulang tahun ibunya dan alhamdulillah dengan persalinan normal

  • Enda2 years ago

    Saya juga memiliki anak yg tanggal,dan bulan yg sama dengan saya. Yaitu 11 agustus

  • Khoiril 10 months ago

    Saya istri dan anak saya jg gitu ... Saya 11 november istri 5 Desember anak 22 Agustus. Dan saya yg lebih bersyukur tiap tahun hari nya mesti sama. Apabila jatuh pada hari Kamis,, anak saya dan istri saya sama hari Kamis .. sungguh semua kuasa Allah SWT.