BERITA

Tahun Ini Pemerintah Pasang Target Bangun Seribu Pasar

" Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, pembangunan pasar dikebut untuk mencapai target 5 ribu pasar rakyat pada 2019."

Dian Kurniati

Tahun Ini Pemerintah Pasang Target Bangun Seribu Pasar
Suasana Pasar Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (2/1/2017). (Foto: ANTARA)


KBR, Jakarta - Sepanjang 2016 lalu pemerintah telah membangun atau merevitalisasi sekitar 878 pasar rakyat.

Tahun ini Kementerian Perdagangan menargetkan bisa membangun seribu pasar rakyat pada tahun ini dan mempercepat pembangunan pada 2018. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan pada 2018 ditargetkan revitalisasi pasar bisa ditingkatkan antara tiga hingga lima kali lipat dari capaian tahun lalu.


Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, pembangunan pasar dikebut untuk mencapai target 5 ribu pasar rakyat pada 2019.


"Mengenai jumlah pasar rakyat, secara kuantitas 5 ribu pasar rakyat sampai dengan 2019 kami akan dicapai. Tetapi ada beberapa tingkatan kami juga memperbaiki kualitas pasar yang kami bangun. Jadi ada standar pasar yang akan tingkatkan kualitas. Jadi mencapai 5 ribu, bisa dicapai. Hanya progres, 2018 kita lihat sesuai dengan anggaran, tiga atau lima kali lipat," kata Enggartiasto di Jakarta, Rabu (4/1/17).


Baca: Kemendag Anggarkan 1,7 Triliun Untuk Bangun Pasar Rakyat   


Enggartiasto mengatakan, saat ini kementerian sudah mendata pasar di berbagai daerah yang akan dibangun atau direvitalisasi. Kementerian Perdagangan juga sudah menyusun standar desain pembangunan pasar rakyat modern.


Ia mengklaim pembangunan pasar rakyat sepanjang 2016 sudah berdampak pada pertumbuhan ekonomi di daerah. Enggar mengatakan pasar rakyat yang nyaman akan semakin menggerakkan perekonomian masyarakat dari sektor perdagangan.


Pembangunan dan revitalisasi pasar rakyat akan memanfaatkan dana Tugas Pembantuan (TP) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).


Sebanyak 272 pasar akan dibangun menggunakan dana Tugas Pembantuan (TP). Dari jumlah itu 52 psar merupakan sisa proyek yang belum tertangani pada 2016. Sedangkan, 728 pasar lainnya akan direvitalisasi menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK).


Secara total, tahun ini pemerintah akan merevitalisasi dan pembangunan pasar sebanyak seribu pasar rakyat. Pembiayaan seribu pasar rakyat itu diperkirakan senilai Rp3,7 triliun.


Baca: Jokowi : Perbaiki Manajemen dan Bantuan Modal Pasar Mama-mama Papua   

Editor: Agus Luqman  

  • Pasar Rakyat
  • pasar tradisional
  • Kementerian Perdagangan
  • Revitalisasi Pasar Tradisional
  • Enggartiasto Lukita

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!