BERITA

PVMBG Pastikan Gempa 7,3 SR di Sangihe Tak Berdampak

""Kemudian sudah di mantel, mungkin mekanismenya bukan patahan, tapi karena perubahan volume yang mendadak," "

PVMBG Pastikan Gempa 7,3 SR di Sangihe Tak Berdampak


KBR, Jakarta- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memastikan gempa berkekuatan 7,3 Skala Ritcher di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara tidak berdampak ke warga sekitar. Kepala Bidang Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Gerakan Tanah PVMBG, I Gede Suantika mengatakan, masyarakat tidak ada yang merasakan gempa tersebut.

"Aman tidak ada yang merasakan di atas kita berdiri ke bawah itu sekitar ke bawah sekitar 600 kilometer, sudah melebihi kerak bumi. Kerak bumi kan sekitar 100 kilometer. Kemudian sudah di mantel, mungkin mekanismenya bukan patahan, tapi karena perubahan volume yang mendadak," jelas I Gede Suantika saat dihubungi KBR, Selasa (10/1).


Pukul 13.13 WIB tadi, gempa bumi berkekuatan 7,3 Skala Ritcher terjadi di 322 km Barat Laut Kepuluan Sangihe, Sulut. Gempa tersebut berada di koordinat 4.44 Lintang Utara dan 122.70 Bujur Timur. Gempa tidak berpotensi tsunami.


Editor: Rony Sitanggang

  • gempa 7
  • 3 SR sangihe
  • Kepala Bidang Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Gerakan Tanah PVMBG
  • I Gede Suantika

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!