BERITA

Menolak Dimutasi, Anak Buah Gugat Wali Kota Balikpapan

"Bachriansyah kecewa karena eselonnya diturunkan dari eselon II menjadi eselon III, saat mutasi akhir tahun 2016. Karena itu ia berencana menggugat Wali Kota Balikpapan RIzal Effendi."

Menolak Dimutasi, Anak Buah Gugat Wali Kota Balikpapan
Ilustrasi PNS. (Foto: setkab.go.id)


KBR, Balikpapan – Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menanggapi santai rencana gugatan perdata dan pidana yang akan dilakukan anak buahnya yang bernama Bachriansyah.

Bachriansyah kecewa karena eselonnya diturunkan dari eselon II menjadi eselon III, saat mutasi akhir tahun 2016. Karena itu Bachriansyah berencana menggugat Wali Kota Balikpapan RIzal Effendi.


Namun, Rizal mengatakan, sebenarnya langkah yang harusnya dilakukan bersangkutan adalah melakukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha (PTUN) atau melapor ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).


Rizal menyatakan siap mengembalikan jabatan Bachriasnyah, jika nantinya ada perintah dari PTUN ataupun Komisi ASN. Hanya saja, kata Rizal, merupakan hak kepala daerah untuk menempatkan pejabat setelah melalui seleksi atau assesment.


"Ya yang bersangkutan kita tunggu saja, kan ada dua pintu yang bisa dilakukan oleh Pak Bachriansyah. Melalui PTUN atau melapor ke Komisi Aparatur Sipil Negara. (Mau digugat secara perdata dan pidana?) Ya baik saja. Kita tunggu saja. Karena itu kan haknya Pembina Pegawai, haknya kepala daerah," kata Rizal Effendi, di Balikpapan, Rabu (4/1/2017).


Pada mutasi akhir 2016, Bachriansyah yang sebelumnya menjabat Staf Ahli Wali Kota Balikpapan Bidang Pemerintahan dan menempati eselon II, diturunkan menjadi eselon III. Ia ditempatkan sebagai Sekretaris Korpri Balikpapan. Namun saat pelantikan, Bachriansyah menolak dilantik.


Bahkan, ketika itu Bachriansyah sempat berteriak menyebut mutasi tidak adil. Ia pun memilih ke luar ruangan pelantikan. Bachriansyah mengatakan Wali Kota Balikpapan tidak menghargai dirinya yang sudah mengabdi puluhan tahun, dengan penurunan eselon dari eselon II ke eselon III.

Baca: Ricuh Mutasi, DPRD Bondowoso Laporkan Seskab ke Polisi   

 

Editor: Agus Luqman 

  • Balikpapan
  • Kalimantan Timur
  • mutasi

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Alie murdanie7 years ago

    Kalo seandainya alasan kenapa esellonya di turunkan di beri tahu kepada yang bersangkutan ,mungkin tidak akan seperti ini,atau mungkin ada kebijakan lain dari Bpk.Wali Kota Balikpapan.Maaf ini cuma pemikiran saya aja,..