Sinabung Masih Saja Digoyang Gempa

KBR68H, Jakarta - Gempa Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara masih terjadi hingga 30 kali sepanjang pagi tadi.

Minggu, 19 Jan 2014 13:10 WIB

sinabung, meletus, gempa

KBR68H, Jakarta - Gempa Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara masih terjadi hingga 30 kali sepanjang pagi tadi.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Sinabung Armyn Putra mengatakan, meski dalam dua hari terakhir erupsi tidak terjadi, tapi hujan abu masih terjadi. Posko pemantauan juga merekam belasan tremor (getaran) masih terjadi di Gunung berketinggian lebih dari 2.400 meter itu.

"Dari pagi tadi hingga saat ini masih banyak terekam gempa-gempa gunungnya. Dari pagi tadi terlihat kita rekam gempa guguran sebanyak 33 kali, gempa vulkanik A sebanyak 10 kali, Hybrid 16 kali dan frekuensinya 10 kali. Saat ini tremornya juga masih. Gunungnya masih dikategorikan dengan kegempaannya masih tinggi. Hujan abu masih berlangsung karena masih ada sisa-sisa abu yang di lereng lereng Gunung sehingga diterbangkan angin ke tempat permukiman penduduk," ungkap Armyn saat dihubungi KBR68H, Minggu (19/01).

Kepala Pos Pengamatan Gunung Sinabung Armyn Putra. Hingga kemarin, lebih dari 27 ribu warga di sekitar gunung Sinabung mengungsi. Mereka tersebar di 40 titik pengungsian. Puluhan rumah, tempat ibadah dan sekolah rusak akibat hantaman awan panas dan tertutup debu vulkanik selama sebulan terakhir.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Jokowi: Masa Sudah 3-4 Tahun Masih Bawa-bawa Urusan Pilpres

  • SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh
  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh
  • Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!

Bamus Tunda Penggantian Setnov

  • Hoaks 8 Penyakit Tak Ditanggung BPJS Resahkan Warga Bengkulu
  • Salah Sasaran, Puluhan Ribu Penerima PKH Dihapus
  • Koresponden Asia Calling di Pakistan Terima AGAHI Award

PLN menggenjot pemerataan pasokan listrik dari Indonesia bagian barat hingga Indonesia bagian timur