Pengusaha Minta Redenominasi Rupiah Diujicoba Dulu di Batam

Senin, 28 Jan 2013 23:14 WIB

Ujicoba redenominasi Rupiah, penyederhanaan mata uang Rupiah

KBR68H, Jakarta - Para pengusaha meminta pemerintah melakukan ujicoba redenominasi atau penyederhanaan nilai pecahan rupiah di Batam Kepulauan Riau, sebelum diberlakukan secara nasional.


Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri KADIN, Haryadi Sukamdani mengatakan, ujicoba tersebut dibutuhkan untuk mengetahui ada tidaknya dampak inflasi akibat redenominasi.


Menurut Haryadi, ujicoba redenominasi bisa dilakukan dala waktu satu tahun untuk mendapatkan kepastian dampak redenominasi.


"Sebaiknya tidak hanya sosialisasi tapi diuji coba di daerah tertentu. Misalkan kelas-kelas tertentu seperti di Batam dalam kurun waktu 6 sampai 1 tahun. Lihat reaksinya bagaimana, masyarakatnya bagaimana. Karena yang saya khawatirkan efek inflasinya."jelas Haryadi Sukamdani.


Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri KADIN, Haryadi Sukamdani menambahkan, selain ujicoba pemerintah juga perlu menyebar luaskan informasi redenominasi rupiah ke daerah secara maksimal. Ia khawatir penerapan redenominasi akan berpengaruh besar di kalangan menengah ke bawah dan memicu inflasi.


Selain itu, KADIN menghimbau pemerintah mempersiapkan matang redenominasi sehingga tidak terjadi cetak uang berulang.


Redenominasi merupakan penyederhanaan pecahan mata uang. Bank Indonesia mengusulkan agar mata uang Rupiah disederhanakan dengan cara menghilangkan tiga angka nol terakhir tanpa mengurangi nilai mata uang. BI mengusulkan pecahan Rp1000 disederhanakan menjadi Rp1, dengan nilai tetap.

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SBY Bertemu Mega di Istana, JK: Bicara Persatuan

  • 222 Triliun Anggaran Mengendap, Jokowi Siapkan Sanksi Bagi Daerah
  • Wiranto Ajak 5 Negara Keroyok ISIS di Marawi
  • Jokowi: Dulu Ikut Presidential Threshold 20 Persen, Sekarang Kok Beda...
  • Ari Dono Sukmanto soal Penanganan Beras Oplosan PT IBU
  • Dirjen AHU Freddy Harris soal Pencabutan Badan Hukum Ormas HTI

Ini Hasil Rapat Bamus DPR soal Perppu Ormas

  • Tim Arkeolog Sumba Berupaya Cetak Kerangka Situs 2800 Tahun
  • LN: Amerika Terapkan Sanksi Baru bagi Pendukung Korea Utara
  • OR: Di Tengah Ketakpastian Draxler Didekati Sejumlah Klub

Indonesia baru merayakan dirgahayu yang ke-72. Ada banyak harapan membuncah untuk generasi penerus yang bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik.