Pengusaha Minta Redenominasi Rupiah Diujicoba Dulu di Batam

Senin, 28 Jan 2013 23:14 WIB

Ujicoba redenominasi Rupiah, penyederhanaan mata uang Rupiah

KBR68H, Jakarta - Para pengusaha meminta pemerintah melakukan ujicoba redenominasi atau penyederhanaan nilai pecahan rupiah di Batam Kepulauan Riau, sebelum diberlakukan secara nasional.


Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri KADIN, Haryadi Sukamdani mengatakan, ujicoba tersebut dibutuhkan untuk mengetahui ada tidaknya dampak inflasi akibat redenominasi.


Menurut Haryadi, ujicoba redenominasi bisa dilakukan dala waktu satu tahun untuk mendapatkan kepastian dampak redenominasi.


"Sebaiknya tidak hanya sosialisasi tapi diuji coba di daerah tertentu. Misalkan kelas-kelas tertentu seperti di Batam dalam kurun waktu 6 sampai 1 tahun. Lihat reaksinya bagaimana, masyarakatnya bagaimana. Karena yang saya khawatirkan efek inflasinya."jelas Haryadi Sukamdani.


Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri KADIN, Haryadi Sukamdani menambahkan, selain ujicoba pemerintah juga perlu menyebar luaskan informasi redenominasi rupiah ke daerah secara maksimal. Ia khawatir penerapan redenominasi akan berpengaruh besar di kalangan menengah ke bawah dan memicu inflasi.


Selain itu, KADIN menghimbau pemerintah mempersiapkan matang redenominasi sehingga tidak terjadi cetak uang berulang.


Redenominasi merupakan penyederhanaan pecahan mata uang. Bank Indonesia mengusulkan agar mata uang Rupiah disederhanakan dengan cara menghilangkan tiga angka nol terakhir tanpa mengurangi nilai mata uang. BI mengusulkan pecahan Rp1000 disederhanakan menjadi Rp1, dengan nilai tetap.

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

MKD DPR: Kalau Ada yang Bilang 'DPR Rampok Semua', Bisa Kami Laporkan ke Polisi

  • Kapolri Ancam Copot Pejabat Polri di Daerah yang Gagal Petakan Konflik Sosial
  • Impor Garam 3,7 Juta Ton, Susi: Bukan Rekomendasi KKP
  • Kapolri: 2018 Indonesia Banyak Agenda, Mesin Makin Panas
  • Jokowi: Masa Sudah 3-4 Tahun Masih Bawa-bawa Urusan Pilpres

Kuasa Hukum: Kepulangan Novel Harus Jadi Momentum Tuntaskan Kasus

  • Aksi Kamisan Tolak UU MD3
  • Majikan Adelina Didakwa Pasal Penghilangan Nyawa Orang Lain
  • Dua Desa Diterjang Lahar Dingin Sinabung

Garut adalah salah satu daerah sentra produksi jeruk di Jawa Barat. Jeruk Garut telah ditetapkan sebagai Jeruk Varietas Unggul Nasional dengan nama Jeruk Keprok Garut.